catatan akhir kuliah, maulasam, catatan akhir sekolah

Gue & Teman-teman setelah 3 Tahun Lulus Kuliah

By | Cerita Agak Lucu, Edukasi, Riset, Tulisan Agak Penting | 76 Comments

Kira-kira gue lulus dari penjara 3 tahun lalu, dan dalam waktu sesingkat itu -gue dan temen-temen seangkatan udah melanglang buana ke jenjang karier yang macem-macem, ada yang jadi PNS, pegawai bank, pegawai bank, pegawai bank, hmm… pegawai bank, pegawai perusahaan asing, pengusaha, freelancer, honorer, dosen, bahkan masih ada yang kuliah, hmm… S1.

Gue lulus dengan IPK cuma 2 koma, karena saking bete-nya susah dapet kerja, gue mencoba bereksperimen, “Gue mau liat, siapa yang bisa lebih sukses, mahasiswa yang memperjuangin mimpinya, atau mahasiswa yang ngebela-belain lulus dengan IPK di atas 3.00.”

Bagi yang beranggapan punya IPK di bawah 3.00 itu bodoh, asal kamu tau, jadi bodoh itu nggak mudah.

Nah, bagi kamu yang sampe sekarang masih merasa bahwa nilai kuliah itu akan mengantarkan kamu ke karier yang bagus, kamu mungkin benar, tapi mungkin dari cerita real ini, kamu bisa menyimpulkannya sendiri.

Di sini, akan gue ceritakan secara general kehidupan kita setelah 3 tahun berlalu.

Screen Shot 2016-02-27 at 7.07.51 AM

Tahun pertama, Read More

sarjana bisnis, kuliah jurusan bisnis, maulasam, catatan akhir sekolah, catatan akhir kuliah, sekali wawancara langsung kerja

Gue Kesel Banget sama Sarjana Bisnis, Ini Alasannya!

By | Cerita Agak Lucu, True Story | 5 Comments

Tren pemuda masa kini; sarjana itu bukan nyari kerja, tapi bikin pekerjaan.
Tren orang tua masa kini; kalo mau bikin usaha, ngapain jadi sarjana!?
Tren dosen masa kini; nilai kamu harus bagus, biar bisa kerja di perusahaan bagus!
Realita masa kini; gue kuliah, gue ujian, gue wisuda, abis itu gue bingung mau ngapain.

Itu gue banget sih.

Mau buka usaha susah, mau nyari kerja juga susah. Paling enak tuh: nikah sama cewek, anak satu-satunya, orang tuanya tajir, tanahnya banyak, udah pada tua, terus sakit-sakitan. Tinggal tunggu waktu aja itu, pft.

Ya gimana apa-apa nggak susah. Read More

langsung kerja atau kuliah lagi, maulasam, catatan akhir kuliah

Setelah Lulus S1, Langsung Cari Kerja atau Kuliah Lagi?

By | Tips Sukses, True Story | 2 Comments

Setelah lulus S1, enaknya langsung cari kerja atau kuliah lagi?

Pertanyaan simple, tapi sangat bisa mengubah hidup orang.

Pertanyaan ini juga cukup sering ditanyain ke gue, dan selalu gue jawab dengan simple seperti gue memilih pasangan, “Pilih salah satu dan setialah.“, kemudian yang nanya, “Uuuu makasih banyak Kak, jawabannya keren banget.”, padahal sampe saat itu, gue selalu gagal dapet pasangan.

Pada dasarnya setiap jawaban bisa sah-sah aja tergantung tujuan hidup masing-masing. Kalo mau jadi profesional ya kerja dulu beberapa lama, kemudian untuk lompat ke karier yang lebih oke, boleh sekolah lagi.

Kalo mau jadi dosen atau peneliti, ya harus sesegera mungkin lanjut sekolah lagi setelah beres kuliah. Kalo mau jadi pebisnis, ya mulai bisnis selagi masih kuliah. Kalo mau jadi gigolo, ya perbanyak kenalan cowok cyiiin. Read More

sukses karier, maulasam, maulasam.id, catatan akhir sekolah, catatan akhir kuliah, lowongan kerja, lamaran kerja

Apakah Nilai Jelek Mempersulit ketika Lamaran Kerja? Wajib Baca!

By | Tips Sukses, True Story, Tulisan Lucu | 2 Comments

Punya nilai D atau E di transkrip, apakah bakal ngaruh saat lamaran kerja?

Ini pertanyaan yang sering banget ditanyain ke gue. Gue akan jawab lewat cerita-pengalaman pribadi.

Tapi sebelum gue jawab, gue juga punya kecemasan yang sama saat gue dapet nilai C pertama di Matkul KIMIA saat semester 2 (tingkat 1).

Mahasiswa tingkat 1 itu selalu punya cita-cita ketika mereka lulus, harus lulus dengan cumlaude.

Read More

sukses karier, maulasam, maulasam.id, catatan akhir sekolah, catatan akhir kuliah

Makin Apes Kuliahnya, Makin Sukses Karier-nya

By | Tips Sukses, True Story | 2 Comments

Ini adalah cerita gimana gue bisa mengatasi skripsi gue dulu.

Ehem, kira-kira udah 5-6 tahun gue konsisten menulis tentang dunia skripsi, mahasiswa tingkat akhir, dan beberapa tips melihara tuyul. Alhamdulillah, banyak pembaca yang akhirnya tersesat.

Tapi menulis tentang skripsi, selalu ada cerita yang menarik buat diceritain. Dan dilihat dari banyak pembaca, ternyata banyak juga yang penasaran ‘kok elu bisa lulus skripsi dengan semua keapesan elu itu sih Sam?’

Baiklah, karena banyak yang nanyain di email, WA, atau line yang entah mereka tau kontak gue dari mana, kali ini gue mau sharing tentang apa yang gue lakukan dulu saat nyekripsi –yang gue aja nggak pernah nyangka kalo sekarang bisa bebas dari kutukan yang pasti dihadepin semua orang yang mau jadi sarjana itu. Read More

sidang skripsi, lulus skripsi, maulasam.id, maulasam, sam maulana

Yang Udah Pernah Ngerjain atau Lagi Susah Lulus Skripsi, Masuk!

By | Tulisan Agak Penting | 3 Comments

Orang yang skripsinya pake joki itu ibarat kamu lagi jalan terus nginjek tai kucing, iya, NAJIS!

Sekarang-sekarang kan orang lagi berkampanye untuk stop sharing hoax. Orang-orang yang suka bikin atau gampang ‘kena’ hoax punya hubungan loh sama gimana mereka saat bikin skripsinya. Apa hubungannya, baca aja terus;

Tulisan ini perlu dibaca, buat ngetes kamu beneran main bersih apa main curang pas ngerjain skripsi, soalnya berpengaruh banget sama kehidupan kamu bersosial media.
Read More

jangan terprovokasi, tukang nasi bungkus

Mendingan Sok Ganteng daripada Sok Tau

By | Random | 3 Comments

Bapak bilang, kalo gue harus berteman sama siapa aja, mau dia orang begini atau begitu, mau kerjanya halal atau haram, mau yang kaya atau miskin, mau yang kerja di pasar atau di kantor, mau pegawai atau pengusaha, mau agama sama atau nggak, mau yang gak sholat sampe yang rajin ke masjid.

Punya banyak temen yang beda pemikiran membuat gue sadar bahwa perbedaan itu memang beneran rahmat. Rahmat apaan? Gue bisa belajar tentang keanekaragaman manusia dan terbukti kalo Allah itu Maha Kuasa. Read More